"Aja Waridin" Komitmen Tak Tergoyahkan dalam Transparansi dan Partisipasi Pembangunan Desa


Heri (Sekdes), Kecamatan Jonggol. Pada hari Rabu, 17 Januari 2024 - Kepala Desa Sukagalih "Aja Waridin", turut serta dalam upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Kantor Kecamatan Jonggol. Acara ini merupakan inisiatif dari Pemerintah Kecamatan Jonggol dan diadakan setiap tanggal 17 setiap bulannya. Partisipasi aktif "Aja Waridin" dalam kegiatan ini menunjukkan komitmennya terhadap nilai-nilai nasional yang diterapkan dalam lingkup desanya.


Usai mengikuti upacara Hari Kesadaran Nasional, "Aja Waridin" segera melanjutkan kegiatan dengan menggelar "Ekspose Kepala Desa" di Aula Kantor Kecamatan Jonggol. Ekspose ini diadakan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas realisasi anggaran keuangan Desa (APBDes) tahun 2023. "Aja Waridin" dengan tegas memaparkan segala pencapaian dan penggunaan dana desa sepanjang beliau menjabat sebagai Kepala Desa Sukagalih yang belum genap 1 tahun, beliau memberikan transparansi kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait.


Dalam sesi ekspose tersebut, Kepala Desa Sukagalih juga merinci rencana penganggaran APBDes untuk tahun 2024. Hal ini mencerminkan komitmen "Aja Waridin" untuk melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan anggaran desa, memastikan partisipasi aktif warga dalam penentuan prioritas pembangunan. Tindakan transparan dan partisipatif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa dan memperkuat rasa memiliki masyarakat terhadap pembangunan lokal.


Upaya Kepala Desa Sukagalih dalam mengikuti upacara nasional dan melaksanakan ekspose keuangan desa tidak hanya memenuhi kewajibannya sebagai pemimpin, tetapi juga menciptakan sinergi positif antara pemerintah desa dan masyarakat. Semangat transparansi dan partisipasi yang ditunjukkan "Aja Waridin" diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kepala desa lainnya untuk melibatkan warganya dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program pembangunan desa.

Dengan demikian, kehadiran Kepala Desa Sukagalih dalam berbagai kegiatan ini tidak hanya sebagai pemimpin administratif, tetapi juga sebagai sosok yang peduli dan bertanggung jawab terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sumber Gambar: IG Pemdes

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama