Kilas Balik, Rangkuman Kejadian Apa Saja yang Terjadi di Desa Sukagalih Pada Tahun 2023


Kalam, Sukagalih. Memasuki tahun baru 2024, mari kita refleksikan sejumlah peristiwa penting yang telah terjadi di Desa Sukagalih selama tahun 2023. Beberapa momen mencolok sepanjang tahun 2023 melibatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berikut adalah beberapa kejadian penting yang terjadi di Desa Sukagalih sejak bulan Januari hingga Desember tahun 2023.


Penghargaan Game Indonesia

Pada bulan Januari 2023, Seorang pemuda Perumnas Griya Marselina, "Andy Lukito" CEO Akhir Pekan Studio, memenangkan penghargaan Game Indie terbaik se Indonesia dengan game 3D yang berjalan di platform Android dan IOS, berjudul "Bakso Simulator".


Penemuan Hewan Liar

Pada tanggal 24 Februari 2023, Warga Kp Jemblung Tonggoh digegerkan oleh penemuan Monyet Liar di Makam Astana selama dua hari penuh yang kemudian menghilang di hutan.


Terpilihnya Kepala Desa Baru

Pada tanggal 12 Maret 2023, Bapak "Aja Waridin" memenangkan Pilkades Sukagalih dan telah resmi menjadi Kepala Desa Sukagalih untuk periode 2023-2029.


Acara Newak Lauk

Tertanggal 13 Maret 2023, berlokasi di dua tempat yang berbeda, di Jemblung Babakan dan Garung, telah digelar acara Newak Lauk (Tangkap Ikan) untuk merayakan keberhasilan Pikades 2023 yang telah di selenggaran Desa Sukagalih dengan melahirkan Kepala Desa baru, Bapak "Aja Waridin."


Obat Nyamuk Nyaris Bakar Rumah

Tertanggal 4 April 2023, terjadi di pagi hari, sebuah rumah warga Kp Jemblung Babakan nyari habis dilalap si jago api, akibat kesalahan penempatan obat nyamuk yang menyambar kain jendela rumah dan menyebabkan kebakaran hebat, namun berhasil di padamkan oleh pemilik rumah, sebuah TV, Lemari baju, pintu rumah dan jendela hangus tebakar.


Penemuan Bayi Dalam Kardus

Pada bulan 6 April 2023, sebuah penemuan mengengejutkan terjadi di Desa Sukagalih, penemuan bayi dalam kardus telah ditemukan oleh seorang warga Cariu yang kala itu melintas di Jembatan Cihoe, Jemblung Lebak, perbatasan dengan Seredang.


Penemuan Mayat yang Tidak Dikenal

Pada tanggal 6 Mei 2023, warga Kp Jemblung Lebak digegerkan dengan penemuan sesosok mayat di samping warung. Kasus ini telah menyita perhatian publik.


Pelantikan Bapak "Aja Waridin"

Tertanggal 18 Mei 2023, Bapak "Aja Waridin" secara resmi dilantik menjadi Kepala Desa Sukagalih Kecamatan Jonggol, dalam sebuah acara pelantikan Kepala Desa yang berlangsung di GOM Griya Parung Panjang Kabupaten Bogor.


Penghargaan Pembalap Muda Terbaik

Pada 3 Juni 2023, "Shandy" raih penghargaan sebagai pembalap moto GP muda berbakat dengan prestasi terbanyak asal Kp Jemblung Lebak, Desa Sukagalih, kecamatan Jonggol, dalam acara hari jadi Kabupaten Bogor.


Menghilangnya Siswi yang Dimabuk Cinta

Masih di bulan Juni 2023, Seorang siswi asal Kp Cimendo dilaporkan telah menghilang dari rumahnya dan berhasil ditemukan 1 bulan kemudian, kasus ini telah ditutup tertanggal 6 Juli 2023.


Acara Selamatan Bumi

Pada 20 Juni 2023, digelar hari selamatan bumi dengan acara tradisi turun-temurun yang disebut dongdang. Tradisi tersebut Merupakan perayaan tahunan yang dilakukan untuk menghormati dan sebagai acara adat pesta panen raya, acara ini digelar di Desa Sukagalih dengan pawai dan lomba dongdang menuju kediaman Kepala Desa Sukagalih baru.


Kebakaran Hebat Melanda Rumah

Sebuah insiden kebakaran telah melanda dua rumah warga di Cimendo Impres pada tanggal 18 Agustus 2023, penyebab kebakaran masih menjadi tanda tanya besar.


Samba FC Juara Sukagalih Cup 2023

Pada 27 Agustus 2023, tim sepak bola Samba FC menjadi juara Sukagalih Cup 2023, dengan pagelaran kompetisi yang di sponsori seluruhnya oleh "YNSdan bantuan support dari Bapak "Akmal" Karang Taruna Sirnagalih Mengker dan Karang Taruna Sukagalih.


Top Scorer dan Pemain Terbaik Sukagalih Cup 2023

Masih di tanggal yang sama, "Anim" seorang striker muda berbakat asal perserikatan tim Aremci FC, menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang karir di pagelaran Kompetisi dengan ditemani "Sacep" dan "Odong", dua pemain asal Samba FC yang menjadi pemain terbaik di Pagelaran Sukagalih Cup 2023.


Musibah Kekeringan Melanda Sukagalih

Tertanggal 30 Agustus 2023, musibah kekeringan parah akibat musim kemarau yang berkepanjangan melanda Desa Sukagalih, yang paling terdampak meliputi wilayah Cimendo, Lewi Jati, Garung dan Jemblung Babakan. Aksi pencegahan dimulai dengan program desa meliputi bantuan air dan penggalian sumur di wilayah tertentu, serta Kepala Desa Sukagalih "Aja Waridin" 2 hari penuh menjadi kenek mobil, rela menyumbangkan tenaga untuk bolak-balik mencari sumber air demi Warganya.


Volleyball Cup Garung 2023

Tertanggal 17 September 2023, tim Porlin berhasil keluar menjadi juara Voli dalam acara kompetisi terbuka Volleyball Cup Garung 2023.


Puting Beliung Melanda Cimendo

Pada 25 Oktober 2023, sebanyak 47 rumah warga di Cimendo Wetan dan Kaum rusak parah akibat hujan deras yang disertai angin puting beliung.


Cimendo Wetan dan Kaum Kedatangan Artis

Tertanggal 26 Agustus 2023, sehari setelah musibah hujan deras disertai angin puting beliung melanda Kp Cimendo Wetan dan Kaum, seorang Artis Indonesia "Tomi Kurniawan" hadir untuk memberikan bantuan sosial kepada korban bencana tersebut.


Aksi Razia Pelaku Pencurian Domba

Pada tanggal 6 November 2023, sebuah aksi razia penuh kelompok pencuri domba mendatangi Kp Jemblung Babakan, sebanyak 4 kandang ternak domba telah berhasil dicuri dan 3 kandang lainnya gagal. Aksi razia domba tersebut telah berhasil mencuri sebanyak 10 ternak domba milik warga di seluruh Kp Jemblung Babakan.


Program Karang Taruna Garung Untuk Gaza

Tertanggal 16 Desember 2023, Karang Taruna Garung membuka donatur dan mendonasikan bantuan untuk saudara kita di Gaza Palestina atas konflik peperangan Hamas dan Israel yang berkepanjangan.

List Kejadian di Tahun 2023:


Rincian Kasus

Sejak Januari hingga Desember tahun 2023, telah terjadi Laka Lantas Motor dan Mobil sebanyak 37 kali dengan rincian sebagai berikut:

  • Kecelakaan Mobil 7 Kali
  • Kecelakaan Motor 24 Kali
  • Total Jumlah Korban 31 Orang
  • Total Korban Meninggal 2 Orang

Kasus Kejahatan

Sejak Januari hingga Desember 2023, kasus kejahatan dengan aksi pencurian, penjambretan dan pembegalan terjadi di Desa Sukagalih dengan rincian sebagai berikut:

  • Begal Motor: 3 Kasus
  • Jambret: 2 Kasus
  • Pencurian Motor: 8 Kasus
  • Pencurian Domba: 18 Kasus
  • Pencurian Ayam: 3 Kasus
  • Pencurian Sapi: 1 Kasus
  • Pencurian HP: 9 Kasus
  • Penipuan: 3 Kasus
  • Pencurian Perkakas: 4 Kasus
  • Pencurian Perkebunan: 2 Kasus
  • Perampokan Toko: 2 Kasus
  • Pencurian Padi: 2 Kasus

Rincian Bencana

Sederet bencana yang terjadi di Desa Sukagalih dari Januari hingga Desember 2023, berikut listnya:

  • Kebakaran Rumah: 1 Kasus
  • Kebakaran Hutan: 2 Kasus
  • Penemuan Bayi: 1 Kasus
  • Angin Puting Beliung: 1 Kasus
  • Banjir: 4 Kasus
  • Tanah Longsor: 2 Kasus
  • Anak Hilang: 1 Kasus
  • Penemuan Mayat: 1 Kasus
  • Pintu Air Jebol: 1 Kasus
  • Bendungan Jebol: 1 Kasus
  • Pohon Tumbang: 2 Kasus
  • Cacar Sapi: 2 Kasus
  • Flu Burung: 2 Kasus
  • Rumah Tersambar Petir: 1 Kasus

Program Desa dan Kegiatan Positif

Selain List daftar kecelakaan dan bencana yang melanda Desa Sukagalih, kegiatan positif dan program-program desa juga terangkum pada tahun 2023. (Data hanya sebagian):

  1. Gorol Warga: 19 Kegiatan
  2. Bantuan sosial: Selalu update
  3. Panwaslu, 17 Februari
  4. KPPS Pilkades, 26 Februari
  5. Pembentukan Panitai Pilkades, 6 Maret
  6. Pilkades Sukagalih, 12 Maret
  7. Rapat Pleno Terbuka, 3 April
  8. Regsosek, 13 Mei
  9. Survey Samisade, 24 Mei
  10. Pengecoran Jalan Garung, 4 Juni
  11. PPS Pilpres 2024, 25 Juni
  12. Musrenbangdes, 12 Juli
  13. Rembuk Stunting, 28 Juli
  14. Santunan Anak Yatim, 30 Juli
  15. Lomba Posyandu, 7 Agustus
  16. Lomba Poskamling, 9 Agustus
  17. Bantuan Air Bersih, 15 Agustus hingga 24 Oktober
  18. Perayaan Hut RI, 10 September
  19. Musrenbangdes kedua, 12 September
  20. Survey KRL, 3 Oktober
  21. Monev Samisade, 12 Oktober
  22. Monev Dana Desa, 31 Oktober
  23. Kerja Bakti Bersama Yonpomad, 4 November
  24. Perekaman e-KTP, 14 November
  25. Program Samisade 2024, 15 November
  26. Gunting Pita Peresmian Jalan, 27 November
  27. Evaluasi Samisade, 6 Desember
  28. Pemetaan Peta Drone, 7 Desember
  29. Monitoring KPPS, 15 Desember

Penutup 2023

Itulah beberapa momen atau kejadian yang terjadi di Desa Sukagalih pada tahun 2023. Momen-momen yang berkesan menciptakan memorabilia yang tak terlupakan bagi warganya. Dari serangkaian kasus kejadian, perayaan tradisional, hingga proyek pembangunan yang menciptakan perubahan positif, tahun ini menjadi saksi bagi beragam peristiwa bersejarah.

Semangat gotong royong masyarakat terwujud dalam berbagai kegiatan sosial yang mempererat ikatan antarwarga. Dengan harapan untuk masa depan yang lebih cerah, Desa Sukagalih menutup lembaran tahun ini dengan rasa syukur dan optimisme yang melingkupi setiap sudutnya. Saya tim Radar Sukagalih mengucapkan Selamat Tahun Baru 2024, semoga sukses, banyak rezeki, semoga diberikan umur panjang, sehat dan selalu jaya, Amin.

Happy New Year 2024 !

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama